-->

Apasi itu SEO? dan Kegunaanya


Amirul Nuranbiya Official - Untuk memahami apa itu SEO, kami akan menjabarkannya dalam kalimat yang sederhana. SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website Anda. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencarian dalam menilai apakah website Anda layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.


Apasi itu SEO? dan Kegunaanya
Apasi itu SEO? dan Kegunaanya




Di artikel ini, kami akan membahas pengertian SEO, cara kerja SEO, dan cara menggunakan SEO.

Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, Anda wajib memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Tipe SEO Traffic

Jika website Anda memiliki konten yang bagus tapi minim pengunjung, maka itu sama sekali tidak ada artinya. Anda harus memastikan bahwa website mampu menarik sejumlah pengunjung, apalagi mempertahankan mereka untuk terus berlama-lama di sana.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan dan mengelola traffic.

Pertama-tama, ketahuilah dari mana traffic berasal. Ada tiga tipe traffic SEO:

Quality Traffic

Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki.

Anda dapat menggunakan tingkat konversi untuk mengindikasi kualitas trafik website. Kualitasnya sendiri tergantung pada jenis dan tujuan bisnis, tapi 5% sudah bisa dinilai sebagai tingkat konversi yang baik.

Trafik yang baik juga tercipta ketika pengunjung website mencari tahu produk-produk yang Anda tawarkan. Apabila Anda menjual smartphone Blackberry, misalnya, maka yang ditargetkan bukanlah orang-orang yang ingin membeli buah.

Quantity of Traffic
Memang benar kalau kualitas trafik itu penting. Namun, kuantitas trafik tetap menjadi hal yang paling mendasar.

Umumnya jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diawasi, yakni: pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan.

Semua hal yang disebutkan sebelumnya tidak perlu dihitung dengan metode manual. Anda bisa menggunakan tool, seperti Google Analytics atau StatCounter, untuk menganalisis trafik website.

Pengertian SEO - statcounter

Organic Traffic (Tidak Berbayar)
Tipe trafik yang disukai oleh hampir sebagian besar pemilik website adalah organic traffic. Selain gratis, organic traffic juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung situs atau bahkan konversi.

Sebagai contoh, sebagian pengguna internet mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu di bar pencarian, kemudian mengklik link yang ditampilkan di hasil pencarian. Kunjungan melalui link tersebutlah yang disebut sebagai organic traffic.

Meskipun terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan organic traffic sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Kerja SEO

SEO mengoptimasi website sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan proses optimasi:

Memberikan informasi yang relevan
Menjadikan mesin pencari sebagai sumber yang andal
Mendatangkan lebih banyak organic traffic
Meskipun hasil pencarian bisa muncul saat itu juga, proses yang terjadi di dalam search engine tidak sesederhana yang dibayangkan. Bahkan search engine bekerja sebelum Anda mengetikkan apa pun di bar pencarian dan menekan tombol Enter.

Di bawah ini, kami akan menjabarkan cara kerja search engine atau mesin pencari.

Ada tiga tugas utama yang dilakukan search engine untuk setiap permintaan atau pencarian yang dikirimkan:

Crawling. Proses ini terjadi di tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh website – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya.
Indexing. Setelah mengumpulkan informasi, web crawler akan menyimpannya di entry list: index.
Ranking. Hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai.
Untuk menjamin kualitas pencarian, search engine menggunakan seperangkat aturan atau rule yang disebut dengan algoritma.

Algoritma search engine memastikan orang-orang bisa mendapatkan informasi relevan dari resource atau sumber tepercaya.

Sebagai search engine yang populer dan banyak digunakan, Google memiliki tim berdedikasi yang fokus sepenuhnya pada algoritma. Tim ini bertanggung jawab atas peningkatan kualitas user experience ketika menggunakan Google.

Kadang-kadang Google menyebut algoritmanya dengan nama khusus. Sebagai contoh, Panda adalah algoritma yang berkaitan dengan kegiatan penyaringan, pemberian pinalti, dan penghargaan konten, sedangkan Penguin merupakan algoritma untuk mencegah spamdexing. Terakhir, ada Hummingbird yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma tadi.

Jadi, sudah jelas sekarang kalau konten website menjadi poin yang sangat penting bagi Google.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang page authority?

Page authority adalah sistem scoring yang dikembangkan oleh Moz, mulai dari 1 sampai 100, untuk memprediksi peringkat website di search engine. Sistem ini akan membantu Anda dalam memahami kualifikasi apa saja yang digunakan search engine untuk menetapkan hasil pencarian terbaik.

Apa itu SEO - link explorer

Anda bisa menggunakan link explorer untuk mengecek page authority. Masukkan URL yang hendak dicek dan Anda akan memperoleh hasil analisis. Informasi yang didapatkan dari analisis link tersebut akan sangat berguna bagi Anda untuk meningkatkan kualitas website.

Cara Menggunakan SEO
Selain cara kerja SEO, Anda juga harus paham cara menggunakan SEO.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa optimasi SEO merupakan proses tiada henti. Search engine selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik.

Gunakan pendekatan terbaru sehingga optimasi SEO bisa bekerja semaksimal mungkin. Jika tidak, hanya akan berakibat buruk pada peringkat website di hasil pencarian search engine.

Ada dua kategori SEO: onsite SEO dan offsite SEO.

Onsite SEO
Seperti namanya, onsite SEO merupakan cara untuk mengoptimasi website dari dalam.

Optimasi ini berurusan dengan penyesuaian atau pengaturan elemen yang ada di website. Nantinya search engine bisa crawl informasi dengan mudah. Sebagai contoh:

URL yang terformat dengan baik
Tidak ada keyword stuffing atau usaha untuk memanipulasi peringkat web di search engine Google
Alt Text gambar
Heading yang tepat (H1, H2, dll)
Nah, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan ketika mengoptimalkan onsite SEO?

Pencarian Kata Kunci (Keyword Research/Keyword Gathering)
Pilih keyword atau kata kunci yang tepat untuk mendatangkan organic traffic dari konten yang Anda posting.

Keyword sendiri adalah topik atau ide spesifik yang diketikkan oleh pengguna internet di search engine.

Jadi, bisa dibilang kalau pencarian keyword  itu sangat penting. Tindakan ini akan membantu Anda dalam memahami keyword apa saja yang digunakan oleh orang-orang untuk mengakses website Anda. Pastikan target keyword ada di judul, heading, dan isi atau body konten.

Tinjauan Teknis
Untuk mempermudah cara kerja web crawler, lakukan beberapa hal di bawah ini:

Kelola sitemap
Segera ganti atau update broken link (link rusak) yang ditemukan di website Anda
Hindari kesalahan pengalihan/redirect
Perbaiki URL error
Optimasi
Pastikan website Anda memiliki:

Struktur yang baik
Kemudahan navigasi
Konten yang relevan
Ketiga hal di atas sangatlah penting. Struktur yang baik akan mengonfirmasikan search engine mengenai halaman website yang paling penting. Sementara itu, kemudahan navigasi akan membuat pengunjung situs lebih betah dan mau berlama-lama di web Anda. Terakhir, konten yang relevan akan mendatangkan lebih banyak trafik berkualitas.

User Experience

‘Layanilah’ pengunjung situs dengan baik ketika mereka berkunjung ke website Anda.

Jika mereka ingin mencari tahu lebih tentang produk yang ada di website Anda, maka tawarkanlah produk yang relevan atau sesuai dengan kebutuhannya.

Anda dapat membuat kategori untuk memudahkan pencarian produk.

Tambahkan pula informasi terperinci di setiap produk yang dipajang pada website, termasuk gambar-gambar yang relevan.

Apabila Anda berprofesi sebagai seorang blogger, kategori terkait konten akan memberikan kemudahan navigasi bagi para pengunjung situs.

Jangan lupa untuk mengatur layout atau tata letak. Tampilan website yang menarik akan mendatangkan pengunjung baru dan membuat mereka bertahan lebih lama.

Di atas semuanya, ada satu hal yang paling penting, yakni performa website. Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang baik.

Apa pun kontennya, berikanlah kemudahan bagi para user dalam menemukan dan menjelajahi website Anda.

Offsite SEO
Offsite SEO tidak begitu teknis jika dibandingkan dengan Onsite SEO. Namun, bukan berarti offsite SEO tidak penting.

Umumnya offsite SEO digunakan untuk mempromosikan website Anda. Dengan begini, orang-orang akan tahu kalau website Anda layak untuk dikunjungi.

Berikut beberapa cara untuk melakukan offsite SEO:

Content Marketing

Konten sangat penting bagi suatu website, dan karena itulah, content marketing semakin sering digunakan belakangan ini.

Content marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menaikkan peringkat website di hasil pencarian search engine. Jika memiliki strategi content marketing yang baik dan terstruktur, maka Anda dapat:

Mendatangkan pengunjung situs baru
Memengaruhi orang-orang untuk membeli produk
Memperbaiki reputasi bisnis
Menghemat biaya
Promosi
Jika website sudah mendapatkan banyak subscriber atau follower, maka langkah selanjutnya adalah memfokuskan diri untuk membuat konten-konten yang bagus. Namun, kalau website ternyata masih sepi pengunjung, maka Anda perlu melakukan promosi.

Dengan melakukan promosi, website Anda dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung. Di samping itu, promosi juga akan membuat website Anda lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Semakin kreatif dan menarik promosi yang dilakukan, maka semakin mudah pula brand Anda diingat. Untuk niche yang lebih kompetitif, strategi ini akan memberikan hasil yang signifikan.

Public Relation

Public relation akan membuat bisnis Anda semakin dikenal.

Meskipun Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya, Public Relation tetap penting untuk:

Membangun brand awareness
Memberikan informasi tambahan
Mengatur otoritas
Meningkatkan community relationship
Mempelajari SEO
Bagi yang tidak atau belum familiar dengan SEO, pasti akan terasa kesulitan untuk mempelajarinya. Untungnya, ada banyak resource yang bisa dimanfaatkan:

Ahrefs

Blog Ahrefs memiliki banyak sekali kumpulan artikel tentang SEO yang tak hanya ditujukan bagi user pemula tapi juga yang sudah profesional. Selain itu, kontennya juga selalu diperbarui dengan metode SEO terbaru.

MOZ

Didirikan pada tahun 2004, MOZ merupakan SEO software maker. Blog MOZ dilengkapi dengan berbagai artikel mengenai online marketing dan cara menerapkan SEO.

Search Engine Journal
Website ini menawarkan segudang artikel dan panduan tentang SEO. Tak hanya soal SEO, Search Engine Journal juga menuliskan artikel tentang penulisan konten. Ada juga area news yang membahas informasi atau update terbaru mengenai SEO.

Selagi mempelajari SEO, ada baiknya Anda melakukan sejumlah tes atau pengecekan.

Meskipun sebagian besar tips dan trik berguna, tetap saja ketika diterapkan memberikan hasil yang berbeda. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah algoritma search engine yang selalu berubah-ubah.

Terlebih lagi, metode optimasi SEO yang berhasil di website orang lain belum tentu memberikan hasil yang sama untuk web Anda.

Teruslah mempelajari apa itu SEO, cara kerja SEO, dan cara menggunakan SEO. Jangan takut untuk mencoba atau bahkan mengeksplor setiap metode optimasi SEO yang ada.

Kesimpulan
Kini Anda sudah mempelajari banyak hal tentang apa itu SEO di artikel ini.

SEO adalah tool yang sangat penting untuk menaikkan visibilitas website Anda. Apabila saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis, SEO akan mendatangkan lebih banyak trafik dan itu berarti akan ada banyak pelanggan atau pembeli.

Untuk bisa membuat trafik yang tinggi, Anda harus menjalankan metode onsite SEO dan juga offsite SEO.

Sebelum menerapkan SEO, Anda wajib mengetahui satu hal yang paling penting tentang website, yaitu trafik. Berikut ringkasan jenis-jenis trafik:

Quantity of traffic. Jumlah pengunjung yang datang ke website Anda.
Quality of traffic. Target pengunjung yang relevan dengan website Anda.
Organic traffic (tidak berbayar). Trafik yang diperoleh website dari search engine.
Sekarang Anda sudah tahu mengapa SEO sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan website. Ingatlah bahwa SEO merupakan proses tiada akhir dan berlangsung terus-menerus. Untuk mempelajari pengertian SEO dan cara menerapkannya, Anda bisa membaca dari berbagai artikel dan tutorial online.

Selamat mengoptimasi website!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel