-->

Pengantar Filsafat


Pengertian Filsafat


Amirul Nuranbiya Official -Secara terminologi filsafat berasal dari kata dalam bahasa Inggris philo dan sophos. Philberarti cinta, dan shopos  berarti ilmu atau hikmah. Pendapat ini kebanyakan dinyatakan oleh penulis Inggris, seperti Louis O. Kattsoff. Pendapat lain menyatakan bahwa filsafat berasal dari bahasa Yunani yang masuk dan digunakan sebagai bahasa Arab, yaitu berasal dari kata philosophia. Philo berarti cinta, sedangkan sophia  berarti hikmah. Pendapat kedua ini dikemukakan oleh tokoh filsafat Islam, Al-Farabi (w. 950 M). 

Pengantar Filsafat
Pengantar Filsafat

Namun demikian, meskipun kata filsafat berasal dari Yunani, bukan berarti orang Yunani Kuno adalah perintis pertama pemikiran filsafat di dunia. Sebelum Yunani Kuno ada negara lain seperti Mesir, Cina, dan India yang sudah lama mempunyai tradisi filsafat, meskipun mereka tidak menggunakan kata philosophia untuk maksud yang sama. 

Objek material filsafat pendidikan pada umumnya, yaitu segala sesuatu yang ada. Mau yang “tampak/zahir” ataupun yang “tidak tampak/batin”. Yang tampak adalah alam empiris, dan yang tidak tampak adalah alam metafisis. 

Adapun objek formal filsafat pendidikan adalah sudut pandang yang menyeluruh, radikal, dan objektif tentang pendidikan untuk dapat diketahui hakikatnya. Filsafat ilmu dapat dibedakan menjadi dua yaitu filsafat ilmu dalam arti luas dan sempit, filsafat ilmu dalam arti luas yaitu menampung permasalahan yang menyangkut hubungan dari kegiatan ilmiah, sedangkan dalam arti sempit yaitu menampung permasalahan yang terdapat di dalam ilmunya.

Banyak pendapat yang memiliki makna serta penekanan yang berbeda tentang filsafat ilmu. Menurut Prof. Dr. Conny R. Semiawan, pengartian filsafat ilmu dalam sebuah empat titik pandang ada yang  mengelaborasikanya implikasi yang lebih luas dari ilmu, mengasimilasi filsafat ilmu dengan sosiologi, suatu sistem yang di dalamnya konsep dan teori tentang ilmu dianalisis dan diklasifikasi, dan suatu patokan kedua yang dapat dirumuskan antara doing science dan thinking  tentang bagaimana ilmu harus dilakukan.


Penulis Artikel : Amirul Nuranbiya


Salam Hangat Dari Admin : Amirul Nuranbiya Official,
Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel