-->

Filsafat Ontologi

Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

Filsafat Ontologi

Amirul Nuranbiya Official - Bidang Filsafat ilmu terutama diarahkan pada komponen komponen yang menjadi tiang penyangga bagi ilmu, tiang penyangga itu ada tiga macam yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

1. Ontologi

Kata ontologi berasal dari bahasa Yunani yaitu On berarti makhluk, dan Logos berarti logika. Jadi ontologi adalah teori tentang keberadaan sebagai keberadaan.  Sedangkan menurut Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, Pengertian dari ontologi ini berasal dari kata yang bernama ontos yang berarti sesuatu yang berwujud. Ontologi juga adalah sebuah teori atau ilmu yang bertentang wujud, tentang hakikat yang ada. Ontologi juga tidak banyak berdasarkan pada sebuah alam nyata akan tetapi berdasarkan pada logika semata.

Filsafat Ontologi
Filsafat Ontologi

Jadi dapat disimpulakan bahwa ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada, yang merupakan kebenaran dan kenyataan baik yang berbentuk jasmani atau konkret maupun rohani atau abstrak.

Ontologi Pengetian pertama kalinya diperkenalkan dalam oleh Rudolf Goclenius pada tahun 1636 M. Maka dari itu memahami apa teori tentang hakikat yang ada bahwa yang bersifat metafisis. Dalam perkembangannya Christian Wolff (1679-1754 M) membagi metafisika menjadi dua, yaitu metafisika umum dan metafisika khusus.

  Metafisika umum dimaksud sebagai istilah lain dari ontologi. Dengan demikian, metafisika umum adalah cabang filsafat yang membicarakann prinsip yang paling dasar atau dalam dari segala sesuatu yang ada. Sedangkan metafisika khusus dibagi menjadi tiga yaitu kosmologi (membicarakan tentang alam semesta), psikologi (membicarakan tentang jiwa manusia), dan teologi (membicarakan tentang Tuhan).

Penulis Artikel : Amirul Nuranbiya

Salam Hangat Dari Admin : Amirul Nuranbiya Official,
Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel