-->

Filsafat Aksiologi

Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

Filsafat Aksiologi

3.Aksiologi

Amirul Nuranbiya Official - Aksiologi ini pada dasarnya berasal dari kata bahasa Yunani yang berarti yaitu axios yang sangat berarti nilai dan logos yang berarti teori. Jadi aksiologi adalah “teori tentang nilai“. Menurut Bramel, aksiologi terbagi dalam tiga bagian yaitu tindakan moral, ekspresi keindahan, dan kehidupan sosial politik.  

Sedangkan menurut Jujun S. Suriansumantri dalam bukunya Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar mengartikan aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Disebuah Encyclopedia of Philosophy diperjelas bahwa filsafat aksiologi disamakan dengan Value dan Valuation. 

Filsafat Aksiologi
Filsafat Aksiologi

Ada tiga bentuk Value and Valuation yaitu nilai yang digunakan sebagai kata benda abstrak, nilai sebagai benda konkret, dan nilai digunakan sebagai kata kerja dalam ekspresi menilai, member nilai dan dinilai.

Asal mula definisi yang di atas terlihat ini jelas bahwa aksiologi benar menjelaskan tentang nilai. Nilai yang dimaksud disini adalah sesuatu yang dimiliki oleh manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Pada hakikat dalam nilai filsafat mengacu pada sebuah permasalahan etika atau estetika.

Isi kandunga “etika“ yang dipakai dalam ada dua bentuk artinya yaitu suatu itu kumpulan pengetahuan mengenai tentang penilaian terhadap perbuatan pada manusia, dan suatu predikat yang dipakai untuk membedakan hal, perbuatan manusia. 

Sebab karena itu akan lebih tepatnya lagi kalau dikatakan bahwa sebuah objek formal dari sebuah etika adalah norma kesusilaan dari manusia, dan dapat dikatakan pula bahwa jenis etika mempelajari tingkah laku manusia ditinjau dari segi baik dan tidak baik dalam suatu kondisi. 

Sedangkan estetika berkaitan dengan nilai tentang pengalaman keindahan yang dimiliki oleh manusia terhadap lingkungan dan fenomena di sekelilingnya.

Penulis Artikel : Amirul Nuranbiya

Salam Hangat Dari Admin : Amirul Nuranbiya Official,
Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel