-->

Tasawuf Adalah

Tasawuf Adalah
Tasawuf 


Amirul Nuranbiya Official - Tasawuf adalah cara mendekatkan diri kepada Maha-Pencipta yaitu Tuhan Allah Swt. Tasawuf mendekat sedekatnya mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga ia dapat melihat-Nya dengan mata hati bahkan Rohnya dapat bersatu dalam Roh Tuhan. Dari Filsafat yang menjadi pilar pendekatan diri itu adalah, pertama, Tuhan bersifat rohani, maka bagian yang dapat untuk diterima Tuhan untuk mendekati-Nya adalah Roh yang suci. Tasawuf adalah Ilmu yang bersifat membahas masalah pendekatan diri manusia kepada Tuhan melalui penyucian Roh-nya.



Ada 5 Asal Dari Kata Sufi 

Tidak mengherankan kalau kata Sufi dan Tasawuf dikaitkan dengan kata-kata Arab yang mengandung mengartian yang Suci. Ada 5 Penulis-penulis yang banyak mengaitkan dengan kata.

1. Safa dalam artinya Suci dan Sufi adalah orang yang disucikan. Dan kaum sufi banyak berusaha yang menyucikan diri mereka melalui banyak sekali melaksanakan Ibadat, terutama Sholat dan Puasa.

2. Saf [Baris]. Apa yang di maskud Saf di sini Adalah ialah baris pertama dalam Sholat di Masjid. Saf pertama yang ditempati oleh orang-orang yang cepat datang ke Masjid dan paling Banyak membaca Al-Qur`an dan berDzikir sebelum memasuki waktu Sholat datang. Semua orang-orang yang seperti ini adalah orang-orang yang berusaha keras untuk membersikan diri dan dekat dengan Tuhan-Nya.

3. Ahl Al-Suffah ini, Yaitu para sahabat yang Hijrah bersama Nabi ke Madinah untuk meninggalkan harta kekataannya di Mekkah. Dan di Madinah di sana mereka hidup dengan sebagai orang miskin , tinggal di Masjid Nabi dan tidur di atas bangku kuda dengan memakai Suffah, [Sebagai Pelanan] bantal. Ahl Al-Suffah sesungguhnya tak mempunyai apa-apa sama sekali, Namun berhati baik serta Mulia dan tidak memetingkan Dunia. Inilah pilar sifat-sifat golongan Kaum Sufi.

4. Sophos ini termasuk kedalam Filsafat Islam yang berarti hikmat dan Kaum sufi pula yang tahu Hikmat. Pendapat ini memang sangat banyak yang menolak, Karena kata Sophos telah masuk kedalam kata Filsafat dalam bahasa Arab dan juga ditulis dengan Sin dan bukan dengan Shad seperti yang terdapat dalam kata Tasawuf.

5. Suf artinya kain Wol. Dalam sejarah Tasawuf bawasahnya kalau seseorang ingin memasuki jalan menuju Tasawuf, ia harus meninggalkan pakaian mewah yang biasa dipakainya dan diganti dengan kain Wol kasar yang ditenun secara sederhana dari Bulu Domba. Pakaian ini lah yang melambangkan kesederhanaan serta kemiskinan dan menjauhkan dari Dunia.


Jadi dianatara semua pendapat yang telah terpapar di atas, pendapat terakhir inilah yang banyak diterima sebagai Asal kata Sufi. Sufi adalah orang yang memakai Wol kasar untuk menjauhkan diri dari Dunia dan Materi, Dan juga memusatkan perhatian pada Alam Rohani. Orang yang pertama yang memakai Kata Sufi yang Kelihatanya Abu Hasyim Al-Kufi dari Irak [W.150 H].



Penulis Artikel : Amirul Nuranbiya


Salam Hangat Dari Admin : Amirul Nuranbiya Official,

Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel