-->

Cara Hidup Sehat

Cara Hidup Sehat
Cara Hidup Sehat


Prinsip Menjalani Hidup Sehat untuk masa yang akan datang

Amirul Nuranbiya Official - Kamu tidak harus perlu menginap bermalam - malam suntuk untuk berturut-turut di dalam olah raga gym, hanya untuk demi menjaga setamina kesehatan dan kebugaran  dalam sebuah tubuh. Memang, hanya dengan ini yang dilakukan namun hal kecil ini tanpa perlu banyak waktu dan tenaga - Kamu bisa dengan ber-sendiri untuk membantu menjaga system kesehatan tubuh ini, tanpa harus dipaksa dan memuakan. Kuncinya adalah, Kamu hanya membutuhkan sedikit kreativitas dan kemauan untuk menjalankannya di mana pun dan kapan pun yang pasti Kamu bisa. Penasaran dengan apa saja kebiasaan yang sederhana untuk menjaga sebuah  kesehatan tubuh Anda? Baca yuk dan simak terus untuk mengetahuinya.

Ada berbagai cara yang mudah untuk menjaga kesehatan tubuh kita :
Simak yuk, Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kalian jadikan cara mudah untuk menjaga daya system kesehatan tubuh Kamu.

1. Ber- Aktivitas Fisik, di Manapun dan Kapan-pun
Kunci dalam hidup sehat ini adalah aktif untuk bergerak. Nah, Kamulah salah satu orang yang harus suka menghabiskan waktu untuk berjam-jam menonton serial film sinetron atau drama di TV, bukan? Kamu mau tetep bisa produktif untuk melakukan aktivitas serperti fisik saat sedang menonton TV dan Youtube. Caranya sangat sederhana sekali, Kamu bisa memanfaatkan waktu iklan itu sebagai ajang untuk melakukan olah raga peregangan otot, push up, sit up, atau pun plank dan lain-lain atau masih banyak lagi.

Nah, Jadi tidak ada lagi waktu yang benar – benar terbuang sia-sia walau meskipun Kamu sedang menonton TV atau Youtube. Dan selain sangat memanfaatkan jeda waktu iklan ini ketika Kamu menonton TV atau Youtube, Kamu juga bisa melakukan hal untuk beberapa aktivitas fisik contohnya yang bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya si Kamu, bebenah dan bersih-bersih rumah, menaiki anak tangga dan menuruni anak tangga, dan melihat sebuah berkebun, atau ber-jalan santai, dan lain sebagainya.

2. Harus Cukup Untuk Berisitirahat, [ Cukup Tidur ]
Selain kalian aktif untuk beraktivitas, Kamu juga harus bisa mencukupi jangka waktu untuk tidur Kamu. Pasal-nya, tidur yang cukup adalah sebuah hal yang memang harus untuk kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah pilar yang di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika pilar tersebut goyah dan riweh, tentunya akan sangat berdampak buruk pada kesehatan Kamu. 

Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, dan serta selera makan, suasana hati dan lain sebagainya. Memang pada dasarnya, hanya waktu untuk tidur ideal setiap manusia berbeda-beda. Namun, para ahli pakar setuju jika pada jangka waktu tidur ideal itu rata-rata memang pada umumnya untuk orang dewasa berkisar 7 sampai 9 jam disetiap malamnya. Memang, agar menjaga kesehatan tubuh, mulai sekarang cukupi-lah waktu tidur Kamu pada umumnya dan hindari begadang sampai larut malam.

3. Harus Per-banyak minum Air Putih
Minum Air putih merupakan kebutuhan yang teramat paling mendasar untuk menjaga tubuh. Jika tubuh kalian kekurangan air putih, maka dari sel-sel dalam tubuh kita akan lebih sulit untuk melakukan fungsi dan sebagaimana mestinya. Dan di sisi lain-nya, Kamu juga akan lebih ringan untuk berisiko mengalami dehidrasi. Jika Kamu mengalami dehidrasi, Maka ini akan menguras semua energi sehingga membuat Kamu sangat lebih cepat lelah.

Banyak sekali orang yang membicarakan kalau kita memang harus mencukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas untuk setiap hari. Padahal, kalian belum tentu. Pasalnya, kebutuhan air putih ini tiap orang berbeda - beda. Bisa jadi Kamu butuh minum air putih ini kurang atau bahkan lebih dari rekomendasi yang di sebutkan. 

Maka hal yang terpenting, jangan menunggu Kamu merasa sampai benar - benar haus, dan baru-lah kamu minum air putih. Pasalnya, rasa haus yang pada akhirnya muncul itu sebenarnya sudah menjadi tanda bahwa tubuh Kamu mengalami dehidrasi sebanyak 2% persen. Jadi, selagi Kamu mampu dan sanggup, untuk mencukupi kebutuhan cairan Kamu. Tidak hanya melulu dari air putih saja, Kamu juga bisa mencukupi kebutuhan cairan ini dengan melaluli dari sayuran dan buah yang kaya air.

4. Makan Harus Santai dan Perlahan [ Makan Selow ]
Banyak sekali orang - orang yang mengaku Khilaf dan lupa diri saat melihat banyaknya sebuah makanan yang berjejeran di depan matanya. Memang rasanya sangat nikmat, Namun semua yang ada di depan ini ingin dinikmati secara sangat cepat mungkin. Tidaklah jarang, hal ini membuat Kamu makan dengan sangat cepat dan lincah, sehingga Kamu akan tidak sadar telah makan dalam jumlah porsi besar dan mendapatkan kalori yang sangat tinggi. 

Padahal, yang berdasarkan penelitian, yang telah diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi jumlah makanan secara perlahan sangat berpengaruh besar untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Kamu, lho ko bisa! Memang Ketika memakan dengan lebih lambat, tanpa sadar Kamu sudah kenyang padahal Kamu saja baru memulai makan dalam porsi yang lebih kecil.

Mungkin dari akibat ini, makan perlahan ini secara tidak langsung dapat mengendalikan jumlah berat badan yang di timbulkan pada akhirnya dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain itu pula, makan secara menghayati atau perlahan juga membantu memperlancar metabolisme sistem pencernaan dan membuat Kamu merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanan yang Kamu konsumsi ini tidaklah banyak.


Penulis Artikel : Amirul Nuranbiya


Salam Hangat Dari Admin : Amirul Nuranbiya Official,

Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel